Monitoring server selagi libur mudik.
Halo salam sejahtera untuk para teman-teman IT seperjuangan dimanapun kalian berada saat ini. Semoga selalu diberikan kesehatan dan rezeki oleh Tuhan. Tidak terasa sudah ingin memasuki bulan Puasa Ramadhan untuk semua umat Muslim didunia khususnya di Indonesia.
Kali ini admin The Lucky IT Consultant ingin membahas dan berbagi tips cara monitoring server saat libur mudik yang panjang.
Kadang ada kekhawatiran tersendiri dari para penyedia layanan IT seperti kami yang sekiranya sudah senior lah sebutannya (yang sudah punya jatah cuti hahaha) saat mudik untuk mempercayakan pekerjaan kepada sang junior (yang belum punya jatah cuti hahaha), takut jika para junior ini akan keteteran saat ada problem server misalnya ada spam email, server storage nya penuh, ada problem di network, atau lain-lain dan Kita sebagai lead/seniornya itu tidak ada disamping mereka disaat itu.
Lantas bagaimana caranya agar Kami para IT Senior yang merantau dapat menikmati liburan mudik dengan hikmat kawan-kawan? Bagaimana ??
Ini tips dari admin, kalau ga setuju cukup beri komentar aja ya 🙂
Latih dulu para Junior untuk melakukan komunikasi kepada customer
Sepengalaman admin saat baru mulai sebagai IT Customer Service/IT Support itu pasti gugup saat ada complain dari customer yang juga saat itu baru saya temui. Yang pertama muncul dipikiran pasti “gimana cara troubleshootingnya nih” padahal belum dikasih akses ke server untuk cek ini itu karena masih probation/percobaan. Nah disini sebetulnya gampang cara handlenya kalau sebagai IT Support baru ya, yaitu jawab complain customer dengan baik. Dengan mengucap salam(Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam) dan menanyakan nama pelanggan lalu kendalanya. Sambil pelanggan mengutarakan keluhannya, kita harus catat dengan seksama dan detail juga. Setelah itu langsung infokan kepada pelanggan bahwa keluhannya sudah kami terima dan dibuatkan tiket pelaporan untuk dapat diproses pengecekan lebih lanjut.
Setelah itu silahkan minta petunjuk kepada para leader terhormat 🙂 bagaimana cara melakukan troubleshootingnya, tidak perlu minder dan merasa kecil jika kita baru belajar dan ingin berusaha untuk menjadi profesional. Disinilah awal dari peran penting seorang IT Lead/Senior untuk mengarahkan sang junior tercinta.
Selalu perhatikan para junior saat melayani customer
Para senior disarankan untuk selalu memonitoring dan mengarahkan para juniornya bisa dari segi monitoring percakapan telepon, email CS, whatsapp support dan Ticketing harus di monitoring. Tujuannya untuk selalu memberikan masukan-masukan kepada para junior untuk lebih baik lagi saat membalas complain dari customer. Para leader juga bisa memberikan arahan materi belajar yang berguna didalam pekerjaannya bisa dengan cara share semua link tutorial terkait teknologi. Para junior juga diharapkan selalu meningkatkan pengetahuan dan skillnya ya.
Selalu siapkan yang namanya Dokumentasi Pekerjaan
Dokumentasi sangat penting dibuat oleh para senior tujuannya untuk diberikan kepada para junior pasti agar mereka memiliki gambaran proses dari sebuah system yang sudah ada. Tidak etis juga semisal ada complain yang kiranya minor bagi senior tapi junior yang baru menemui complain tersebut bingung ketika melakukan pengecekan dan dari senior merasa bahwa junior tersebut tidak becus. Contoh kasusnya semisal data center mati listrik seperti kasus yang sudah terjadi tahun lalu PLN mati listrik hampir 1 Hari. Ketika listrik sudah UP dan server butuh dihidupkan, para junior juga butuh dokumentasi perihal cara hidupkan server yang ada di datacenter terkait nomor Rak nya, jalur kabel mikrotiknya, server nya yang mana, kan butuh ada pemandunya.. ya bisa aja minta tolong arahin oleh para senior kalau listrik hidupnya siang atau sore.. nah kalau hidupnya jam 2 dini hari gimana? support shift malam kan jadi bingung jika harus hidupin server tanpa ada arahan sedangkan ketika telepon ke senior juga tidak diangkat karena sudah tidur/bobo cantik.
Disinilah pentingnya juga selalu dokumentasikan apa yang telah dikerjakan ya…
Intinya selalu berikan yang terbaik bagi IT junior agar dapat manjalankan tugasnya dengan baik juga karena selama junior belum menjalankan tugasnya dengan benar maka tidak ada senior yang akan merasakan ketenangan dalam melakukan liburan mudik panjang hahaha.
Di artikel ini, admin ingin memberitahukan cara monitoring server menggunakan aplikasi yang namanya Grafana dan Librenms ini aplikasi yang sudah terintegrasi dengan bot telegram jadi kalau semisal ada server down, storage server penuh, network tidak stabil, wifi mati itu bisa muncul alertnya dan langsung bisa ambil tindakan cepat dan tepat. contoh gambarnya seperti ini:
Silahkan gunakan jasa kami untuk melakukan setup monitoring server menggunakan aplikasi librenms + Grafana + Graphite + Telegram Alert semua menggunakan aplikasi gratis, hanya akan ada biaya jasa/setup saja. Hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik 🙂